Entry: a bad mother or a bad muslim? Monday, August 24, 2009



Hari ini, bunda nyaris buka puasa sebelum maghrib euyy...

Ceritanya gini..
Bermula dari jam 14.30, si cikuhuwahuwa maryam mufida-ku yang solihah cantik rupawan,  muntah.. Bunda bete dooong, soalnya udah jam segitu ASI dari pabrik udah tiris. Tambah dimuntahin pulak.. Hggh, dan betul saja, jam 15.30, ASI bunda sukses KOSONG-song. Panik lah bunda.. si maryam pakek acara rewel pulak, dan dilanjutkan dengan lemes, lalu mata redup-bin sayup, dan bobo' deh.

Nnnah, tanda-tanda itu bikin eyang ti-nya maryam curiga kalo si plentus ini lagi lemes karena kurang mik ASI-nya. Langsung aja eyang ti protes ke bunda "udah deh, buka aja.. kasian tuh maryam lemes gitu.. duuh, mana tadi muntah lagi, pasti masuk angin deh". Dalam hati bunda, sebenernya bunda gak tega--udah mo nangis aja-- pan eik kesiyan juga ama marince..

Tapi gak tau napa, bunda masih punya feeling kalo maryam sebenernya bukan lemes, tapi emang dasar lagi ngantuk aja.. Emang tuh anak kalo udah kelamaan melek (kira-kira 2 jam-an lah) ya pasti ngantuk... Tapi gimana yah, bunda bimbang euy. Gimana klo ternyata dia bener2 lagi lemes kurang mik ASI. Akhirnya bunda mulai mo bikin susu nih, udah naro beberapa sendok susu ke gelas, tinggal diseduh aja. Paling nggak, pamer ke eyang ti kalo bunda udah siap2 mo buka puasa... ngademin hati eyang ti, gitu. Sambil, bunda sms ayah.. minta saran, mendingan buka puasa gak yaa.. respon ayah sebenernya udah bisa diduga, kata dia "ga puasa juga gapapa". Tentu saja lah, bunda sms ke 100 orang pun, pasti 99 di antaranya nyuruh bunda buka puasa.. for the sake of baby's health. Walaupun gapapa buka puasa, tetep aja hasrat perfeksionisto dalam diri bunda rada-rada berat. Maju kena mundur kena gitu, kalo bunda nerusin puasa.. i feel like i'm a bad mother. Kalo bunda batalin puasa, i feel like i'm a bad muslim. Ya ampuuun, padahal jelas-jelas di Al-Qur'an ada keringanan bagi ibu menyusui kalo mau gak puasa karena mengkhawatirkan kondisi bayinya. Tapi teteeeuupp.. bunda teh rasanya gimanaaa gitu kalo gak puasa.

Akhirnya susu udah ditaro gelas, tapi belum diseduh, bunda malah wudhu, trus sholat ashar. Lagi sholat ashar malah gak khusuk mikirin kalo2 maryam sakit gimana, bayi bisa maag gak yaa? dll..

Abis bunda sholat ashar, bunda nyiap2in mandi sore jeng marince.. Jam 16-an, si neng bangun, alhamdulillaah bangunnya ceria. Langsung mandiin, kelar mandi, susuin seadanya.. jam 17.30 diajak keliling komplek pake stroller..

Bunda setiap menit ngeliat jam melulu. Rasa bersalah ngejedug-jedug hati bunda.
5 menit menjelang maghrib, maryam bobo' lagi.. entah karena ngantuk bener, entah karena lemes gak minum ASI. Eyang ti makin protes ama bunda, "Kasian banget itu bayi baru 3 bulan disuruh puasa.. tega banget deh, udah lemes-lemes gitu".

Ya ya ya, akhirnya bedug maghrib. Teng!!
Bunda langsung minum anget2. Langsung aja makan nasi. Biar produksi ASI langsung jalan...

Akhirnya eyang ti bersabda "Besok kamu gak usah puasa!!!!"
Hggh, baiklah.. bunda memutuskan besok bunda gak puasa aja deh. Biar lemak kembali nimbun, mungkin 2 hari kemaren ASI masih produksi terus sampe sore karena masih ada lumayan cadangan lemak kali yaaa.. Ah, wallahu'alam. Walaupun bunda keukeuh percaya bunda dan maryam kuat menjalani puasa, tapi ALLAH knows better.. there must be a reason why HE put that verse in Al-Qur'an, the verse that support breastfeeding mother in Ramadhan.

Mangka dari itu botol TOMTIP...

Segeralah dataaaaannggg!!!! biar bunda punya bantuan untuk ngasih ASI ke maryam neeh

   0 comments

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments