Lilypie Expecting a baby Ticker



Wednesday, April 29, 2009
Bukan nodong, cumaa....

Sebenernya aku takut banget ngepost tulisan yang satu ini, terutama takut dimarahin bojoku. Aku udah bisa ngebayangin dia marah, ntar dia akan bilang:
“ Nggak tau malu” atau
“ Ngerepotin orang aja” atau
“ Matre banget sih”, atau
“ Ih, dasar tukang minta-minta” atau
“ Hapus segera itu posting” dan yang sejenisnya.. Well, i’ll take that risk **huhu**

Kenapa aku tetep ngepost tulisan ini? Gini ya, berdasarkan saran dari ibu-ibu di seluruh dunia (lebay), yang punya pengalaman ketika mereka melahirkan, banyak orang2 yang ngasih kado ke mereka dan pada akhirnya jadi mubadzir a.k.a gk kepake. Karena kado dari orang-orang biasanya setipe dan serupa. Gak bisa disalahin juga kan, namanya juga ngasih kado, kan gak pake janjian dulu. Oleh karena itu, menurut ibu2 itu, gak ada salahnya kita mendaftar kebutuhan kita apa dan disampaikan ke orang2 yang akan ngasih kado. Boleh dites, coba deh googling keyword “Baby Wish List”, di page pertama google pasti langsung muncul sederetan ibu-ibu yang memasang “Wish List” di blog mereka. (bukankah aku tampak amat sangat membela diri?).

Aku sendiri gak ngarepin kado yah **aah maca’ ciih**, bagiku kado berupa do’a udah merupakan kado terindah. Dan bagiku, jika aku bisa melalui proses bersalin dengan mudah, lancar, sehat, selamat bersama bayiku.. itu udah merupakan kado yang tidak ada duanya dari ALLAH SWT. ‘amiin.

Beribu ampun dan maaf, kalo aku eksplisit banget menyebutkan merk, toko tempat belinya, bahkan harga barang-barang ini.. Pertimbangannya karena aku pingin memberikan kualitas terbaik bagi bayi, jadi bukan karena gila merk atau nyari yang mahal.. Setiap merk dan setiap jenis barang udah melalui pemikiran, analisa, kontemplasi, dan peperangan dengan hawa nafsu calon ibu (susah deh, kerasa banget jadi objek konsumen potensial kalo lagi hamil anak pertama gini).

Tadinya sih berencana pingin beli semua barang ini sendiri, ya karena menghindari terjadinya barang dobel dari kado, aku menunda membelinya. Kalo diliat gk ada yang ngasih kado ini, berarti aku bisa beli sendiri, gitchu..Tampaknya sih, gk akan ada yang ngasih barang-barang yang ku-list di bawah ini.. Pertama, karena cukup membutuhkan modal.. Kedua, lha masangnya di Multiply sih, klo mo efektif ya masang di facebook. Cuma lebih malu lagi kalo masang di facebook, abis jejaringnya lebih banyak. (Aneh deh gw, sebenernya niat apa nggak masang list barang ini?)

Jadi... **ffuuhh, menarik nafas berat**, berikut ini adalah daftar kado yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan bagi men-teremen yang emang ingin ngasih kado berupa barang:
 

1. Mini electric breast pump (BP) merk medela



Alhamdulillaah kan aku udah kterima kuliah nih, insyaALLAH rencana kuliah akan mulai bulan September. Nahh.. demi supaya bayiku nanti tetap dapet haknya berupa ASI eksklusif (cita2ku sih bayiku tetep dapet ASI sampe umur 2 tahun), maka ketika aku kuliah nanti, aku akan tetap memerah ASI dengan menggunakan bantuan alat BP ini. Aku sendiri rencananya kalo bisa sih gak pake alat, ada tuh teknik manualnya, namanya marmet. Teknik ini lebih murah (karena gak perlu beli BP), gak ribet dan katanya bisa memproduksi ASI lebih banyak. Tapi gk banyak ibu-ibu yang berhasil menerapkan teknik memerah manual. Penyebabnya banyak, bisa karena produksi ASInya memang dikit, bisa karena gak punya banyak waktu (mis. Ibu bekerja yang istirahat siangnya cuma 1 jam), bisa karena gak ngerti cara menerapkan teknik ini, atau kondisi-kondisi lain.

Perkara milih BP ternyata perlu perhatian serius. Karena gk semua BP terjamin bahannya dalam menjaga kesterilisasian ASI. Ada beberapa rekomen merk, salah satunya medela ini, model mini electric. Rekomen merk yang lain lebih mahal dan keliatannya tidak lebih baik kualitasnya daripada medela. Kelebihan medela ini konon, dalam kondisi waktu sempit dan berada di tempat umum (yang bisa aja sulit mencari tempat aman untuk memerah ASI), merk ini unggul karena modelnya gak ribet dan ketika memerah mesinnya tidak berbunyi berisik. Proses perahnya juga sesuai seperti pola menghisap bayi, dan tidak menyebabkan sakit pada ibunya. Alat ini juga yang paling banyak direkomendasikan di banyak RS di Indonesia.

Dimana mendapatkannya?
Oh gampang banget buuu.. (hehe), di toko bayi udah banyak. Paling gampang menemukannya di toko-toko bayi di ITC-ITC terdekat. Malah banyak juga toko bayi yang jual online. Salah satunya di link berikut ini

Berapa harganya?
Di pasaran biasanya harganya 700-800 ribu. Wuiihh.. lumayan ngerampok kantong ya. Makanya, aku ngerti banget kok kalo aku mungkin tidak akan mendapatkan kado ini.. hehe. Kalo yang 2nd mungkin bisa nemu di kisaran 400-600 ribu, tapi aku takut kalo pake barang 2nd, takutnya udah gak terjamin kesterilisasiannya.

2.  Dr Brown's 8-ounce Wide-Neck Feeding Bottle


Masih berhubungan dengan menyusui, dalam hal nanti si bayi ditinggal kuliah **oh, menuliskan hal ini sudah membuat hatiku patah**, maka si bayi akan diberi ASI melalui media lain. Media substitusinya bisa berupa sendok, gelas, atau botol. Pengalaman para ibu, kalo ngasih ASInya lewat sendok atau gelas, bayinya keburu gak sabaran dan ngamuk kalo lagi laper. Udah gitu biasanya tumpah-tumpah deh tuh ASI. Kan sayang ASI udah dikumpul2in dengan penuh perjuangan tapi malah tumpah. Jadi aku kepikir ngasih ASInya lwat botol.

Tapii.. tentu tidak sembarang botol. Bahan botol yang bagus itu adalah BPA free, yang tidak akan rusak karena mengalami proses sterilisasi berulang-ulang. Juga ujung botolnya tidak membuat bayi mengalami “nipple confusion”, kalo bayi mengalami “nipple confusion”, bisa-bisa bayi ogah menyusui langsung lagi dari ibunya.

Naah.. setelah baca testim sana-sini, insyaALLAH merk yang memenuhi syarat tersebut adalah botol dr Brown ini.. sebenernya gak harus merk ini kok, tapi yang penting BPA free dan wide neck.

Dimana mendapatkannya?
Di beberapa ITC ada, di online shop juga ada. Model dan harga bisa diintip di link berikut ini

Harga

80 – 90 ribu rupiah per botol

3. Bantal menyusui renata

Bantal menyusui ini konon terbuat dari bahan yang firm, adem, dan modelnya menyokong posisi menyusui dengan baik, bahkan bayi merasa nyaman ketika disusui di atas bantal ini (gak tau deh bayiku nanti nyaman apa nggak). Tadinya sih dipikir2, kayaknya nggak perlu beli bantal ini, lagian emang gak bisa pake bantal biasa? Memang sih alasannya karena faktor kenyamanan aja, gak seurgen faktor kritis seperti bisa mengancam kesehatan atau apa kalo gak pake bantal ini.. Hmm, yah, kebayangnya sih kan semakin nyaman semakin lancar ASInya, karena faktor kenyamanan psikologis bisa mendukung lancarnya ASI.. begitulah yang diterangkan ibu2 berpengalaman. ** Hehe, bisa aja aku cari alesan**

Dimana mendapatkannya?
Bisa ditengok di sini

Harga
Rp 180.000,-

4. Alas popok renata

Tau kan klo newborn baby bisa bangun 2-3 jam sekali? gk tau ya? sama.. aku juga sotoy aja.. hehe. Malah bisa lebih sering kalo tidurnya terganggu cuma karena alas tidurnya tergenang ompol.. O-owh. Makanya aku pengennya ketika si bayi tidur, dialasi dengan alas ompol yang tepat. Promosinya, alas ompol ini berdaya serap tinggi, beda dengan alas ompol lainnya. Gak cuma promosi dari yang jual lho, testimonial dari ibu2 yang udah beli juga bilang begitu. Maka aku jadi penasaran jua deh..

Dimana mendapatkannya?
Di link berikut ini

Harganya
48 ribu/ lusin
 
5.Reusable/ Cloth diapers
Di tulisanku sebelumnya, aku pernah sekilas review tentang reusable diaper atau cloth diaper. Jadi gak perlu aku ulas lagi yaa.. pengen nyoba juga sih merk Smart Nappy, hehe.. itu lho yang per bijinya aja 200 ribu-an.. **ampun aku jangan ditampar**. Tapi aku cukup tau diri kok (oh yeah??), intinya merk apa aja aku terima deh. Yang udah beredar di Indonesia ada beberapa merk seperti bumgenius, happy heiny, fuzzi bunz, dll.

Dimana mendapatkannya?
Kalo di toko bayi, setauku ada kayak di mothercare mall kelapa gading, tapi kalo di toko online, bisa liat2 deh di situs ini, ini, ini dan ini.

Harga
Karena beda merk beda harga, monggo diintip aja deh di masing-masing situsnya, supaya bisa dapet gambaran lebih jelas. :D

6. Takahi slow cooker/ penghancur makanan

Setelah ASI eksklusif kan bayi perlu makanan pendamping selain ASI. Nnaaahh.. slow cooker bisa membantu membuatkan makanan seperti nasi tim atau makanan perbuburan. Kenapa gak pake rice cooker biasa aja sih? Mmm.. gimana ya, karena gini, alasan pertama.. kapasitas slow cooker dan rice cooker beda. Kalo pake slow cooker yang kapasitasnya sedikit, cukup buat bayi.. sementara klo pake rice cooker nanti bisa kebanyakkan, dan salah-salah waktu, bisa-bisa jadi nasi atau berkerak atau apa. Alasan kedua, sebaiknya alat masak bayi dan ortu dipisah, biar gk nyampur2 kandungannya. Lagian, gk praktis aja sih kalo musti ganti-ganti makanan bayi dengan makanan orang tuanya, belum dicuci dulu..

Kenapa merk takahi? Hmm.. sebenernya gak ada special reason. Merk ini keitung murah aja. Mosok aku udah nyebut kado, minta yang harganya mahal pula? Walaupun gak nolak lho kalo dikasih food processor yang harganya bisa jutaan. **amppun.. aku jangan dilempar panci**. Takahi ini cuma 200 ribu-an kok **cuma??**

Selain slow cooker, aku juga dengan senang hati menerima kado alat-alat penghancur makanan, untuk buat puree.. semacam makanan yang super duper alus.

Bisa beli dimana?
Sama seperti yang lain, bisa dibeli di toko2 bayi kayak di ITC-ITC gitu atau di online store seperti di situs ini.

7. botol ASIP atau tutup botol UC1000 ukuran 500 mg (yang botol plastik).

Naahh.. inilah dia kado yang paling unik. Dijamin paling murah, kalo lagi jalan menuju RS pingin jenguk aku **hoho**, dan kehausan.. mampir dulu di toko dan beli minuman UC1000 ukuran 500 mg yang botol plastik.  Terus isinya dihabiskan, dan tutup botolnya dikasih ke nuri deh. Lebih menyenangkan lagi kalo langsung ada yang bawa 30 tutup botolya. Emang buat apa sih nuuy?? Jadi gini, ntar ASI yang diperah itu akan ditaro di botol UC1000 beling yang saat ini udah aku koleksi dan udah terkumpul sekitar berapa belas gitu.. Kenapa di botol UC1000? Kata ibu2 pejuang ASI, botol UC1000 relatif paling terjamin buat naro ASI dan bisa dicuci serta disterilisasi berulang kali. Dibanding dengan plastik khusus nyimpen ASI yang cuma bisa dipake sekali. Jadi tuh botol disimpen di freezer kulkas, kalo mau diberikan ke bayi, diangetin dulu.. abis tu botolnya dicuci dan disteril, terus bisa diisi ASI lagi deh. Cuma karena tutup botol beling UC1000 itu kalo disteril bisa karatan, makanya diganti dengan tutup botol plastik UC1000 atau tutup botol green tea (selain merk nu green tea- jadi bisa zestea, dll). Tapi pas ngetes sendiri di rumah, ternyata yang paling pas itu tutup botol UC1000.

Kata mereka juga bisa pake botol selai, tapi kan kalo botol selai gede tuh, kalo kebanyakan nampung ASI di situ, ntar potensi mubadzirnya lebih gede, karena kebutuhan bayi gak sebanyak itu.

Sebenernya ada botol khusus ASIP, banyak juga yang jual, di pasar pramuka contohnya.. banyak juga toko-toko online yang jual botol khusus ASIP ini, contohnya di AIMI satuannya kira2 harganya 3000 rupiah. Kalo mau ngadoin yang lebih bagus lagi (tapi mahal), sok wae ada tuh merk medela.. hehe.

8. Baby Bather

Sesuai namanya, ini adalah alat untuk membantu bayi dalam posisi agak duduk ketika mandi. Jadi bisa lebih mudah mandiin bayi. Tapi aku pribadi kebayangnya gak untuk mandi doang, tapi bisa buat jemur bayi, bisa meminimalisir bayi gumoh (ASI dimuntahin lagi), si bayi juga bisa lebih leluasa memandang alam sekitarnya, dan tentu wajah ibunya yang membuat hatinya senang.. hohoho.

Bisa beli dimana?
Banyak di toko-toko bayi, online maupun offline.

Harga
Tergantung merk ya, kisarannya bisa 150-300 ribu kayaknya.

Naah.. demikianlah daftar ini hamba buat.. Seperti judulnya, tidak maksud nodong, hanya membantu sebagai bahan pertimbangan. Moga-moga amal baik teman-teman yang bawain kado dicatat sebagai pahala yang buessaarr... hehe. **Gw jadi kayak pengamen bis gini** .

Posted at 06:10 pm by nuy_the_haidar

eularia
June 5, 2009   02:55 PM PDT
 
1. Medela mini electric..berisik loh jeung..kaya bunyi motor..atau vibrator..hihihihi, aku pakai itu soalnya...(alhamdullilah dapet dari kado...)..soalnya di tanya maunya apa...heheheh

Kalau mau yg murahan yhg medela harmony aja, yg manual sekitar 450 rb...efektif juga kok...karena temenku pake

2. Kalau botol susu BPA free gak harus Dr. Brown..masih banyak merek lain yg lebi affordable..untungnya bayiku gak suka pake dot..jadi disupin pake sendok kalau minum asi pas aku kerja...

3. Baby Bather..kepake banget..must have banget, soalnya ngebantu banget buat nyabunin bayi dan kita gak ikutan basah...(untung di kado juga)..hehehehe

4. Slow cooker...kayanya gak penting2 amat, tapi aku dapet juga dari kado walaupun bukan kaya begini modelnya. itu juga kado pernikahan

5. Botol ASIP, pesan online aja, murah kok...selusin cuman 24 rb an udah plus tutupnya, tutup dalam dan luar.Pesan tutupnya aja juga bisa...dulu aku pesan di indira baby shop

6. Bantal menyusui..hmm gak terlalu perlu...soalnya aku gak pakai dan fine2 aja

7.Reusable diaper..mahal kalau yg merek luar..tapi tetep aja lebih nyaman pake yg disposable..soalnya kalau pipisnya banyak, belum 3 jam juga udah basah tuh reusable diaper...
 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry

Nuri Sadida

"O-owh.. anda nyasar di diari terbuka bundanya maryam"

    follow me on Twitter




    Free shoutbox @ ShoutMix

    VICTORY 4 PALESTINE:

    .::.info palestine
    .::.save palestine.::.

    WELFARE JUSTICE:

    .::.Jadwal Kajian Online.::.
    pusat.::.
    nyolot.::.
    di negeri sakura.::.

    NANGGA
    .::.Badak Palembang.::.
    .::.Salma & Bune.::.
    .::.mba yani.::.
    oned::
    cinint::
    ::chomey::
    weiceh::
    nimol::
    humas bem-ui0506::
    farah::
    fadil::
    Aresto::
    indra::
    awan::
    agah::
    udiutomo::
    emma::
    solilokui::
    mba gina::
    mba rieska::
    k'hendra::
    Mbak HTR::

    SOK MAEN:
    Psikologi UI angk.2001::
    perpustakaan islam::
    belajar nulis::
    biasa wae::
    dakwatuna::
    tafsir hamka::
    muslim girl magazine::

    online
    Indonesian Muslim Blogger

    web analytics

    counter hit xanga


    << April 2009 >>
    Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
     01 02 03 04
    05 06 07 08 09 10 11
    12 13 14 15 16 17 18
    19 20 21 22 23 24 25
    26 27 28 29 30


    If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



    rss feed